Setiap daerah di Indonesia punya beragam hidangan yang diolah dengan cabai. Di beberapa rumah makan, sambal itu bukan sekadar pelengkap, tapi bisa menjadi menu andalan. Sambal menjadi bagian dari seni kuliner di nusantara.

Aneka sambal di Indonesia cukup bervariasi, mulai dari yang kurang pedas, cukup pedas, hingga sangat pedas. Itu tergantung oleh seberapa banyak buah cabai yang digunakan. Sambal yang bahan bakunya dari cabai sepertinya memang tidak bisa dilepaskan dari keseharian orang Indonesia.

Serba Sambal Pusat merangkum aneka sambal yang terkenal di Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki versi sambalnya masing-masing. Berikut ini adalah aneka sambal yang tekenal di Indonesia.

Sambal Terasi

Terasi atau juga dikenal dengan belacan terbuat dari ikan atau udang yang difermentasi. Untuk membuat sambal terasi, komposisinya ialah terasi yang sudah digoreng atau dibakar, cabai rawit, bawang merah dan putih, garam, gula jawa.

Sambal Tomat

Sambal tomat ini menjadi favorit untuk menjadi teman makan ikan atau ayam goreng. Untuk mendapatkan rasa pedas sekaligus kesegaran, bisa ditambah jeruk nipis. Sensasi pedas dan segar sambal tomat ini cocok untuk dihidangkan saat makan siang.

Sambal Kacang

Sesuai namanya, sambal yang satu ini berbahan dasar kacang tanah yang disangrai, dilengkapi bawang merah dan putih, asam jawa, daun jeruk, serta garam. Banyak referensi yang menyatakan asal muasal sambal kacang dari Madiun, Jawa Timur. Hidangan ini komplit apabila dengan nasi putih plus aneka sayuran, rempeyek kacang. Cara penyajiannya bisa dalam piring atau daun pisang yang disebut pincuk.

Sambal Korek

Sambal yang konon asli dari Solo ini sangat mudah membuatnya. Cabai yang diuleg kasar bercampur bawang putih dan sedikit garam kemudian ditambah dengan minyak yang dipakai menggoreng bebek. Sambal korek mulai terkenal melalui gerai rumah makan bebek goreng di kota-kota besar Indonesia.

Sambal Hijau

sambal yang satu ini cukup unik karena keberadaannya identik dengan masakan Padang. Sambal hijau adalah sambal yang jarang ditemukan kecuali di rumah makan Padang. Biasanya sambal hijau disajikan bersama daun singkong sebagai pelengkap menu utama.

Jika ingin membuka usaha sendiri? Kami dari pihak Serba Sambal menawarkan Franchise Serba Sambal dengan modal yang terjangkau. Silahkan hubungi kontak person kami untuk informasi lebih lanjut. Serba Sambal memang benar sensasi Puedassnya.

Alamat Kantor Serba Sambal Pusat : JL.SLAMET RIYADI NO:120 SUKOHARJO (BONDALEM RT:03 RW:10 GAYAM SUKOHARJO).

Pencarian Terkait:

error: Content is protected !!