Cara Membuat Sambal Bawang yang Sangat Praktis

Karena kuliner nusantara itu cenderung bersifat hidangan dingin, sehingga cabai menjadi hal penting dalam setiap masakan dan bukan hanya sebagai pelengkap. Rasa pedas cabai rawit tidak hanya memberikan rasa yang menggugah selera tetapi juga punya manfaat jika dikonsumsi dalam porsi yang pas. Lidah Indonesia memang dikenal berani untuk urusan rasa pedas. Sampai-sampai banyal yang bilang, belum lengkap kalau makan tidak pakai sambal.

Setidaknya ada 100 variasi makanan yang dibuat dari sambal. Ini menunjukkan betapa kayanya jenis kuliner Nusantara. Masih menurut cerita JJ. Rizal, pada zaman kolonial Belanda, asisten atau baboe rumah tangga yang paling mahal harganya adalah yang paling pandai membuat sambal.

Berikut serba sambal pusat membuat info tentang :

Sambal dari Cabai Mentah

Sambal-sambal yang terkenal di Indonesia, khususnya yang mudah dibuat di rumah antara lain sambal bawang, sambal tomat, sambal terasi. Dalam membuat sambal, ada orang yang memilih sambal mentah tanpa digoreng terlebih dahulu dan ada yang merasa perlu harus menggoreng cabainya dulu. Salah satu sambal yang memakai sambal mentah adalah sambal bawang. Sambal bawang biasa dimakan bersama dengan ayam goreng, ikan goreng, sayur sop, tahu atau tempe goreng, dan makanan lain sesuai selera.

Cara Membuat Sambal Bawang

Sambal bawang merupakan salah satu jenis sambal yang paling praktis untuk dibuat karena hanya memakai bahan-bahan mentah. Adapun bahan-bahannya adalah sebagai berikut;

-Cabai rawit merah 7 biji

-Bawang putih 1 siung

-Garam dan penyedap sesuai selera

-Minyak goreng secukupnya

Untuk membuatnya, pertama-tama kita perlu membersihkan cabai dan garam, kemudian menyiapkan cobek untuk tempat menguleg. Bahan-bahan seperti cabai, bawang, garam, dan penyedap diuleg bersama sampai benar-benar halus. Setelah sambal halus, beri sedikit minyak goreng.

Fungsi dari minyak goreng ini adalah agar rasa pedasnya tidak terlalu menyengat. Sebagian orang lebih suka menambahkan minyak goreng yang sebelumnya digunakan untuk menggoreng lauk seperti ayam, ikan, tempe, dan sebagainya. Itulah cara membuat sambal bawang yang sangat praktis. Nah, untuk membantu menghilangkan rasa bawang yang masih menempel di mulut setelah makan, bisa dinetralisir dengan makan buah apel atau permen jahe, dan sikat gigi tentu saja.

Anda menyukai kuliner? Ingin membuka usaha sendiri? Silahkan bergabung bersama kami pada Franchise Serba Sambal Asli Sukoharjo. Harga Terjangkau dan pastikan investasi ditempat yang tepat.

error: Content is protected !!