Langkah Membuat Sambal Bajak Paling Nikmat

Sambal merupakan salah satu menu khas yang bisa ditemukan di daerah Asia, khususnya Asia Selatan dan Asia Tenggara. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas sambalnya. Hampir semua masakan nusantara itu selalu disertai cabai sebagai bumbunya. Sambal pun dianggap sebagai penambah sensasi rasa saat makan yang lebih mantap. Kali ini kita akan membuat sambal bajak.

Kalau Anda pernah makan di warung, terutama warung-warung Tegal pasti tidak asing dengan yang namanya sambal bajak. Sambal yang lazim di Jawa Tengah ini, mirip sambal terasi tapi memiliki rasa yang ‘lebih kaya’. Selain di Jawa Tengah, sambal bajak juga terkenal di Jawa Timur. Sambal yang berciri khas sedikit pedas manis ini sangat cocok sebagai penambah selera makan. Bagaimana cara membuat sambal bajak? Mari kita lihat menu berikut ini;

Berikut serba sambal pusat membuat info tentang :

2 buah tomat merah segar, potong kecil-kecil.

2 lembar daun salam.

1 batang serai. Ambil bagian batang putihnya yang telah dikupas bagian kulit luarnya, kemudian memarkan.

2 cm, lengkuas. Cuci dan bersihkan bagian kulitnya. Memarkan.

¼ sendok teh garam, atau secukupnya.

¼ sendok teh gula merah yang disisir, atau secukupnya.

1 sendok makan air asam jawa yang diambil dari asam jawa pekat sebanyak ½ sendok teh dan dilarutkan dengan air sebanyak 2 sendok makan.

5 sendok makan minyak sayur untuk menumis, atau secukupnya.

Cara Membuat Sambal Bajak:

1.Cuci bersih cabai, tomat, dan batang serai.

2.Siapkan wajan untuk menumis. Tuangkan minyak, setelah panas tumis bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya. Gunakan api sedang.

3.Setelah bumbu halus yang ditumis tersebut mengeluarkan aromanya, masukkan segera lengkuas dan serai yang dimemarkan. Masukkan juga daun salam dan gula merah sisirnya. 4.Aduk-aduk dan tumis kembali hingga serai dan lengkuas terlihat layu.

5.Masukkan tomat. Aduk dan tumis kembali hingga tomat tersebut layu tapi sebaiknya tomat jangan terlalu matang.

6.Tambahkan air asam jawa berikut garam.

7.Sesekali cicipi apakah rasanya sudah pas atau belum.  Setelah rasanya pas dan semua bahan matang, angkat dan sajikan ke dalam mangkuk saji.

Sambal memang memberikan sensasi tersendiri saat makan, tapi sebaiknya jangan terlalu banyak makan cabai karena yang terlalu pedas itu tidak baik bagi pencernaan.

Anda menyukai kuliner? Ingin membuka usaha sendiri? Silahkan bergabung bersama kami pada Franchise Serba Sambal Asli Sukoharjo. Harga Terjangkau dan pastikan investasi ditempat yang tepat.

error: Content is protected !!