Sambal Kacang untuk Bumbu Sate Ayam Khas Madura

Sate merupakan menu makanan yang dibuat dari daging yang dipotong-potong lalu ditusuk, diberi bumbu, setelah itu dibakar. Daging yang biasanya dibuat sate adalah daging ayam, daging sapi, daging kambing, dan daging kelinci. Bumbu yang digunakan umumnya adalah bumbu kacang, bumbu santan, bumbu kecap, dan sebagainya. Berdasarkan bumbu itulah, jenis sate ada banyak misalnya sate madura, sate lilit, sate Surabaya, sate padang, dan ada lagi beberapa jenis sate dari sejumlah daerah di Indonesia. Selain di Indonesia, sate juga dikenal di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Brunei, juga di Thailand. Untuk bisa menikmati sate dengan bumbu sambal kacang, kita bisa membuatnya sendiri. Berikut ini adalah resep sate ayam khas Madura.

Berikut serba sambal pusat membuat info tentang :

Bahan Untuk Membuat Bumbu Kacang

750 Daging ayam

150 gram kacang tanah

350 ml air

5 sendok makan kecap manis

Garam secukupnya

5 butir bawang merah

3 siung bawang putih

4 buah cabai merah

2 butir kemiri

Merica bubuk secukupnya

Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara Membuat Bumbu Kacang

1.Siapkan daging ayam yang ditusuk-tusuk.

2.Goreng atau sangrai kacang yang sudah dikupas, setelah itu  haluskan, bisa dengan blender agar lebih halus dan praktis atau diulek sendiri tapi agak kasar.

3.Buatlah sambal kacang dengan cara mencampur kacang tanah, gula merah, kemiri, cabai merah keriting, dan garam. Setelah itu haluskan semua bahan tersebut.

4.Tuangkan air, aduk rata, lalu masak hingga matang.

5.Setelah matang, ambil sebagian bumbu kacang, kurang lebih 150 gram.

6.Kemudian tambahkan minyak goreng dan kecap manis ke dalamnya dan aduk hingga merata. Simpan bumbu kacang yang tersisa untuk siraman ketika sate telah matang.

7.Celup sate ayam yang masih mentah ke dalam bumbu kacang tersebut hingga semua permukaan terbalur bumbu kacang.

8.Bakar sate hingga setengah matang. Lalu celupkan kembali ke dalam bumbu kacang dan bakar kembali hingga sate matang sempurna.

9.Setelah matang, sajikan sate di atas piring saji dengan ditemani lontong yang telah dipotong-potong, bumbu kacang, bawang goreng, kecap manis, air perasan jeruk limau, dan sambal.

Anda menyukai kuliner? Ingin membuka usaha sendiri? Silahkan bergabung bersama kami pada Franchise Serba Sambal Asli Sukoharjo. Harga Terjangkau dan pastikan investasi ditempat yang tepat.