Sambal masih menjadi pesona tersendiri bagi penyuka makanan pedas. Aneka sambal yang terkenal seperti sambal terasi, sambal tomat, sambal kacang, sambal terasi, dan lain-lain memicu kreativitas untuk membuat sambal dengan bahan campuran tempe. Tempe sendiri merupakan bahan wajib kuliner Indonesia.

Selain dimasak dengan digoreng atau ditumis, tempe juga bisa jadi bahan membuat sambal. Tempe yang dibuat sambal ini adalah tempe kedelai yang sudah jadi. Selain melihat cara membuat sambal tempe, tak ada salahnya kalau kita juga mengetahui sejarah tempe di tanah air. Serba Sambal Pusat menjelaskan tentang awal mula tempe.

Sejarah Tempe

Menurut anggapan orang Jawa zaman dulu, kata dele berarti hitam. Hal ini kemudian memnculkan dugaan bahwa kedelai hitam sudah ditanam di Jawa sebelum China datang ke Tanah Jawa. Dilihat dari asal muasal katanya, menurut para pakar di bidangnya, tempe berasal dari bahasa Jawa kuno, yakni tumpi. Tumpi sendiri berarti makanan berwarna putih yang dibuat dari tepung sagu.

Kata tempe juga ditemukan dalam Serat Centhini, yang menggambarkan perjalanan Cebolang dari candi Prambanan menuju Pajang, mampir di dusun Tembayat wilayah Kabupaten Klaten dan dijamu makan siang oleh Pangeran Bayat dengan lauk seadanya: “…brambang jae santen tempe … asem sambel lethokan …”. Sambel lethok dibuat dengan bahan dasar tempe yang telah mengalami fermentasi lanjut.

Cara Membuat Sambal Tempe

Pertama-tama, iris tipis tempe dengan ukuran sedang, kemudian goreng dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan dan kering lalu tiriskan. Selain digoreng, tempe juga bisa dibakar. Jika memakai tempe bakar, caranya panggang tempe di atas bara api dengan tusuk sate hingga kecokelatan tapi jangan sampai gosong, lalu angkat. Setelah tempe goreng atau bakar sudah siap, siapkan bumbu tumis.

Goreng sebentar bawang merah, bawang putih, kencur, cabai dalam minyak panas sampai layu, setelah itu angkat dan tiriskan. Ulek bumbu yang sudah digoreng. Tambahkan terasi dan garam. Terakhir, masukkan tempe goreng atau bakar, uleg tempe sambil aduk dengan sambalnya hingga rata. Sajikan dengan daun kemangi segar yang sudah dicuci bersih.

Demikian artikel tentang sambal tempe. Jika kalian suka kuliner pedas, ingin membuka usaha kuliner sendiri, Kami dari pihak Serba Sambal menawarkan Franchise Serba Sambal dengan modal yang terjangkau. Silahkan hubungi kontak person kami untuk informasi lebih lanjut.

Serba Sambal memang benar sensasi Puedassnya.

error: Content is protected !!