Sambal Tomat yang Menggugah Selera

Kebanyakan orang Indonesia merasa belum lengkap kalau makan tanpa sambal. Untuk itulah mengapa hampir semua masakan nusantara selalu disertai dengan rasa pedas. Untuk sebagian orang, sensasi rasa pedas itu memanjakan lidah, sedangkan sebagian lainnya kurang bisa tahan dengan rasa pedas yang ‘membakar’. Tapi makanan pedas tetap saja menjadi primadona. Di sejumlah rumah makan hampir selalu menyediakan sambal sebagai penambah nikmat makan.

Berikut serba sambal pusat membuat info tentang :

Sambal-Sambal Nusantara

Hampir di seluruh pelosok nusantara memiliki resep makanan sambal. Dari Manado ada sambal dabu-dabu dan rica-rica. Dari Bali ada sambal embe, dari Maluku ada sambal kenari, bahkan dari Sumatera ada sambal tempoyak yang dibuat dari fermentasi durian. Selain itu masih banyak lagi bermacam-macam sambal yang biasa tersedia di berbagai warung makan di seluruh nusantara, misalnya sambal tomat. Sambal tomat termasuk sambal yang populer di Indonesia. Karena saking populernya itu, sambal tomat bahkan sering jadi sambal yang wajib ada di setiap warung lalapan di berbagai daerah di Indonesia.

Sambal Tomat Tak Tergantikan

Menengok ke negara lain, misalnya masyarakat Eropa yang ingin merasakan sensasi pedas, namun tak mampu membuat sambal dengan menggunakan cobek batu. Mereka kemudian memodifikasi sambal ulek menjadi saus sambal dan saus tomat yang dikemas ke dalam botol. Meskipun sekarang sangat mudah untuk mendapatkan sambal instan, tapi sensasinya tetap beda dengan sambal cobek buatan rumah. Apalagi dengan tren saos tomat botol atau sachet yang lebih praktis, tetap saja pedasnya sambal tomat tidak mudah digantikan begitu saja dengan saos tomat.

Buka Hanya Lezat, tapi juga Higienis

Sambal tomat akan makin lezat saat disajikan dengan ikan goreng, ayam goreng atau tempe goreng bersama nasi putih hangat. Agar rasa sambal makin sedap, disarankan agar kita menghaluskan sambal dengan cobek. Sambal tomat bisa dibuat dari tomat mentah atau matang, sesuai selera. Baik mentah atau matang itu tidak masalah, asalkan tomatnya dicuci dulu sampai bersih. Cabainya pun demikian. Sebelum diuleg, pastikan cabai itu sudah dicuci bersih. Sehingga tidak berbahaya bagi yang memakannya. Hanya saja, untuk kesehatan pencernaan, sebaiknya makan sambal secukupnya saja.

Anda menyukai kuliner? Ingin membuka usaha sendiri? Silahkan bergabung bersama kami pada Franchise Serba Sambal Asli Sukoharjo. Harga Terjangkau dan pastikan investasi ditempat yang tepat.

error: Content is protected !!